(+62 21) 225-221-47 / 48 contactus@svta.co.id

Bagaimana Cara Membeli Saham

IHSG_Belajar_SahamBagaimana Cara Membeli Saham

SVTA – Dalam belajar saham, sebelum kita bisa membeli saham kita harus sudah punya account saham / rekening saham terlebih dahulu.

Jika anda belum memiliki account saham silakan baca disini : Cara Membuka Account Saham

Untuk dapat membeli saham ada 3 hal peting yang harus kita tentukan yaitu :

1. Saham Apa yang akan dibeli?

Ada lebih dari 500 saham yang beredar di Bursa Efek Indonesia, kita harus pintar memilih saham apa yang hendaknya kita beli dan diinvestasikan. Sebagai investor saham pemula, sangat direkomendasikan untuk memilih saham-saham yg bluechip atau paling tidak saham second liner dan cenderung untuk menghindari saham gorengan. Jika anda kebingungan mungkin bisa coba dengan memilihnya dari list saham LQ45. Sebagai contoh kita ambil saham BBCA – Bank Central Asia Tbk.

2. di Harga berapa belinya?

Harga yang beredar di Market IHSG (Index Harga Saham Gabungan) merupakan harga per 1 lembar saham. Konsep Belajar Saham yang simple adalah membeli diharga murah dan menjualnya di harga yang lebih mahal.

Sangat disarankan untuk mempelajari Analisa Teknikal untuk dapat membantu memprediksi level berapa yang bisa dijadikan area beli maupun jual. Sebagai contoh kita ambil harga 14.900.

Sebagai referensi, mungkin anda perlu membaca buku Candlestick the Secret Profit of When to Buy & Sell atau Jual Saham Anda Lebih Mahal

3. Berapa Banyak saham yang ingin kita beli?

Minimal transaksi untuk membeli saham adalah dengan satuan lot. 1 lot adalah 100 lembar saham. Jadi jika ingin membeli saham BBCA sebanyak 1 lot diharga 14.900 maka kita harus membayar sebanyak 1.490.000

Berikut contoh form order beli yang harus kita isi :

cara membeli saham

Client Code = Kode Nasabah Kita atau Username / ID

Stock = diisi dengan kode saham yang ingin kita beli yaitu BBCA

Price = diisi dengan harga yang ingin kita beli yaitu 14.900

Qty Lot = diisi dengan jumlah lot yang ingin kita beli. Ingat 1 lot itu 100 lembar saham.

 

Nah dibawah ini merupakan tampilan untuk harga saham BBCA – Bank Central Asia Tbk dari aplikasi PRO-Trader yang disediakan oleh broker Phillip Securities Indonesia. ASK adalah harga Antri Jual sedangkan BID adalah harga Antri Beli. Untuk dapat membeli saham BBCA kita harus ambil di harga ASK yaitu 14.975, sedangkan apabila kita ingin menjual maka harga jual adalah BID yaitu 14.950.

Pada saat hendak membeli saham dan jika dirasa harga ASK terlalu tinggi (mahal), maka kita bisa menawar harganya di harga BID dengan harapan akan ada Investor lain yang mau menjualnya ke harga yg kita inginkan. Begitupun saat hendak menjual, jika dirasa harga BID terlalu murah, kita bisa menawar utk menjual di harga ASK.

Berhubung kita pasang beli BBCA di harga 14900 sementara harga sekarang adalah 14975 maka pembelian saham kita belum done, dan kita harus menunggu sampai harga BBCA turun ke harga 14900 dan menyentuh antrian kita sd done.

saham bank bca - svta

Cara membaca tampilan harga disamping adalah :

PREV = Harga saham per tutupan hari sebelumnya (warnanya kuning)

OPEN = Harga saham pada saat opening hari ini

HIGH = Harga saham tertinggi yang terjadi hari ini

LOW = Harga saham terendah yang terjadi hari ini

QUE = Jml antrian investor

BVOL = Jml antrian lot yang ingin dibeli oleh investor

SVOL = Jml antrian lot yang ingin dijual oleh investor

Harga BBCA perhari sebelumnya adalah 14.950 dan hari ini dibuka di harga 15.100 yang menjadi harga tertingginya juga. Sedangkan harga terendah yang terjadi hari ini adalah 14.900. Harga sekarang adalah 14950 Bid & 14975 Ask.

Terdapat 51 investor yang mengantri sebanyak 10559 lot untuk membeli saham BBCA di harga 14.950 dan 32 investor yang mengantri sebanyak 7353 lot untuk menjual saham BBCA di harga 14.975.

 newsletter_singapore_02

Best Regards

Trading Is Simple !

Contact Info :
BBM : 2BC8D4CE
WA : 0811 9195 998 / 0899 800 3136
Pinterest

Share with Your Friend

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *