(+62 21) 225-221-47 / 48 contactus@svta.co.id

Belajar Indikator Saham, Perlukah?

belajar_saham29Kebelit-belit ama Indikator rumit ?

Suatu topik kontroversi yang sering diperdebatkan adalah penggunaan berbagai macam dari berbagai jenis indikator-indikator dalam trading dan investing pada pasar saham.

Pembicaraan dan diskusi hangat tidaklah berhenti hanya pada jenis indikator-indikator tersebut, namun juga jauh lebih seru pada saat membahas seberapa efektifnya indikator-indikator tersebut dan integrasinya pada transaksi saham, dan tentunya instrument-instrument lainnya.

Namun disisi lainnya, saya pribadi lebih cenderung menilai bahwa penggunaan indicator merupakan bagian utama penyebab dari  ke frustasi-an para trader dan investor.. saya minta maaf namun.. serius .. saya tidak lah bercanda mengenai hal ini.

Dijaman yang telah sedemikian majunya saat ini, berbagai charting software canggih telah tersedia begitu luasnya, dari harga yang paling murah hingga paling mahal.. tentunya juga tersedia yang gratisan bagi Anda yang pemula dan hendak coba-coba.

spidermanNah didalam charting software yang tersedia tersebut, biasanya telah tersedia pula puluhan, bahkan ratusan fasilitas indicator-indikator yang siap digunakan oleh para trader / investor.

Sederetan indicator dari yang standar seperti RSI, MACD, Stochastic, hingga Fibonacci lengkap.

Pertanyaannya :

Seberapa sering Anda malah jadi kebingungan saat hendak membeli ataupun menjual suatu saham berdasarkan indicator yang Anda gunakan ?  Go on.. take some time untuk mencoba menghitungnya kawan.

Pertanyaan berikutnya :

Seberapakah BINGUNG-nya Anda saat hendak mengeksekusi suatu pembelian, di saat sebuah indicator A mengatakan BUY, sementara indicator B mengatakan SELL ??

Pertanyaan berikutnya lagi :

Seberapa sering Anda menjadi “GILA” saat melihat chart Anda penuh dengan “kotoran-kotoran” berbagai indicator-indikator yang Anda pasang di sana ? Dari Fibonacci hingga Elliot Wave.. semua lengkap-kap…

Dan jujur saja.. mereka juga ngelengkapin stress Anda saat mempelajari sesuatu yang begitu rumit namun tidak terlalu berguna untuk transaksi Anda bukan ?

Indikator-indikator Anda sering sekali memberikan “false signal”, oleh sebab itulah para traders dan investor merasa mereka harus membenahi indicator yang ada dengan cara menambah indikator lainnya lagi  supaya lebih yakin, dan merasa sibuk harus mempelajari indikator yang lebih canggih lagi dari berbagai seminar yang pada akhirnya hanya buang waktu dan biaya karena sama sekali tidak memberikan hasil.

Complicated_Chart_thumbSetelah menambahkan indicator ke 2, dan masih tidak memberikan hasil yang menguntungkan, maka kembali lagi.. Anda akan menambahkan lagi beberapa “indikator canggih” yang mana di harapkan dapat menghilangkan “false signal” yang menyebabkan Anda loss tadi.

Pada akhirnya, Anda menjadi TRADER CELENG… dimana chart yang harusnya menjadi peta analisa pergerakan harga yang sederhana, lebih cenderung mirip coretan-coretan acak kadut ataupun lebih mirip dengan sarang laba-labanya Spiderman.

Sebuah chart yang overloaded dengan berbagai indikator yang rumit, akan SANGAT-SANGAT membuat FRUSTASI bagi Anda untuk menggunakannya sebagai dasar untuk berinvestasi, dan konflik dari sinyal-sinyal beli dan jual dari “indikator-indikator canggih” Anda akan bermuara pada sebuah KETIDAKMUNGKINAN untuk profits teman-teman. J

Jadi bagaimana dong ?

Well.. Trading Is Simple ! Pada dasarnya untuk mencetak profit di pasar modal yang Anda butuhkan adalah hanya suatu system sederhana yang sudah backtested dan proven through time !

Cobalah mencari tahu asas pergerakan harga pada saat Anda belajar saham, logika pergerakan harga sangat Anda butuhkan saat melakukan analisa saham dan usahakan dibikin secara sederhana.

Kurangi lah indikator-indikator yang menurut Anda sangat mengganggu trading Anda.

Selain itu memiliki pondasi kuat tentang konsep dari  Trading & Investing Mastery akan membuat Anda cenderung lebih tenang dan santai bertransaksi dengan system dan konsep mastery Trading Is Simple yang ada.

So ? Let’s Keep It Simple !

saham_banner_TIMC

Best Regards

signature

Santo Vibby

Trading Is Simple !

Contact Info :
BBM : 2BC8D4CE
WA : 0811 9195 998

SV_Mentor01Santo Vibby merupakan praktisi dan Icon Traderpreneur dari trader dan investor Indonesia. Santo Vibby telah mendalami dunia investasi dan keuangan semenjak tahun 2000.

Berbagai instrumen produk investasi menjadi makanan sehari-harinya, mulai dari deposito, reksadana, saham, bisnis, hingga properti. Semenjak 2006, Santo Vibbby telah menjalani hidup Trading For Liviing dan sejak saat itu mulai berbagi dengan menuliskan pengetahuan praktisnya. 

Dengan motto “Trading Is Simple”, maka Santo Vibby telah merilis buku-buku BEST SELLER yang telah ditulis antara lain: When To Buy & Sel, CandleStick Can Tell, Jual Saham Anda Lebih Mahal, Money & Business Skills, Zeropreneurs, dan yang paling fenomenal adalah The Stock Market Secret Profits.

Selain itu melalui sekolahnya Santo Vibby Traders Academy, beliau telah mencetak banyak sekali para traders, pakar saham dan trainers sukses yang merupakan alumni sukses dari bimbingannya. Setiap bulannya, Santo Vibby sering mengadakan seminar dan kelas edukasi di berbagai kota di Indonesia.

Pinterest

Share with Your Friend

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *