(+62 21) 225-221-47 / 48 contactus@svta.co.id

Strategy Saat Market Crash

market_crashBanyak traders yang berusaha mencari-cari alasan dibalik turun dalamnya IHSG akhir-akhir ini.

“Kenapa IHSG turun dalam ditengah bursa lain yang damai-damai saja?”

Membuka berita ini itu, mencari informasi kesana kemari, namun alasan yang didapatkan tidak sepenuhnya memuaskan penasaran dan rasa ingin tahu didalam hati. Apalagi jejeran saham bluechip & big caps dibantai dalam.

Perasaan malah semakin sedih, Hikss :(

Tapi diantara itu semua, sejenak mari kita kesampingkan rasa penasaran kita.

Karena jika market merespon negatif maka SUDAH PASTI sesuatu yang TIDAK BAIK sedang terjadi, apapun itu. Kita tidak perlu bersusah payah mencari-cari alasan, karena pada dasarnya walaupun alasan tsb sudah kita ketahui tidaklah akan membantu meloloskan kita dari penurunan market itu sendiri. Berikut ini beberapa strategy saat market crash…


Saham Nyangkut

dog-stuck-in-car-seatJika anda terlanjur memiliki posisi “Nyangkut” then sebaiknya mulailah mencari solusi apa yang harus anda lakukan untuk memperbaiki trading “Nyangkut” tersebut. Coba dilihat apakah anda sudah trading sesuai dengan System trading anda atau belum?

Karena pada dasarnya anda harus benar-benar menerapkan System untuk trading. Dimulai dengan membuat Trading Plan yang lengkap seperti jika A maka B, jika B maka C dst. Hal tsb akan sangat – sangat membantu anda untuk dengan sigap menghadapi segala apapun yang terjadi di market.

Recovery Asset

Sebagai Investor / Businessman, memelihara asset merupakan hal yang wajib diutamakan. Sayangnya saat ini saham yang diinvestasikan dan dikira asset malah berubah menjadi liabilities dan mulai menggerogoti kantong.

Mari perbaiki..

Review ulang saham apa yang anda miliki, apakah pergerakan harganya masih uptrend-kah atau tidak? Apakah masih tertahan area suport-kah atau tidak?

Jika jawabannya YA, maka yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu market Rebound, ini mungkin akan memakan waktu yang tidak sebentar. Namun asalkan anda sabar, anda hanya akan berperang dengan waktu untuk menunggu saham tsb rebound dr major suport.

Syaratnya tentu saja anda tidak menggunakan dana Margin. Jika memungkinkan, tambah posisi pada saat saham berada pada area major suport, Ini akan membantu menurunkan avrg harga modal.

Kali ini anda harus patuh dengan Trading Plan, jika market ternyata masih jelek dan System memberikan signal sell, maka keluarlah. Jual saham anda sesuai System, terima dan maafkan diri anda sendiri. Jika anda merasa stress, tutuplah monitor dan menjauhlah beberapa saat dr market.

saham_nyangkut

“Okay… tapi bagaimana jika saya menggunakan margin? :(

Hmm… sebenarnya Margin call merupakan salah satu penolong supaya anda tidak berlarut-larut dalam posisi trading, apalagi trading yg salah. Jika memungkinkan anda bisa menjual terlebih dahulu saham yang anda miliki kemudian buyback kembali diharga bawah.

Cara ini biasa disebut dengan Short Selling, sedikit agak rumit. Secara simple anda cukup menjual saham anda, kemudian berusaha buyback dibawah harga anda menjual tsb. (Prakteknya mungkin tidak semudah itu :D)

Setidaknya ini akan memperpanjang waktu margin call anda. (sebenarnya tdk dianjurkan :p)

“Baiklah… lalu bagaimana jika saham saya downtrend dan sudah breakdown major suport? :(:(

Alih-alih bertahan, cobalah untuk merelakan kerugian yang terlanjur anda alami. Carilah saham lain yang berpotensi menghasilkan profit. Tidak harus saat itu juga anda switching, tunggu-lah dengan sabar saham pengganti tsb sehingga benar-benar layak untuk di tradingkan :) jangan memilih saham downtrend lagi, dan patuhlah terhadap proteksi. Ini akan menyelamatkan anda dari kerugian yang mendalam.

Saat ini terimalah kenyataan yang anda alami, tetap tenang dan berpikir positif. Belajarlah dari trading sukses anda dan terapkan hal yang sama untuk trading selanjutnya.

“Belajarlah hanya dari kesuksesan, bukan kegagalan!”

SEMANGAT..!!

Disusun oleh : Dian – SVTA Team

newsletter_ebook_gratis

Pinterest

Share with Your Friend

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *